Sekolah : SMP XXXX BANDUNG
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Skill : Listening &
Speaking
Jenis
Text : Asking and
giving information (people)
1.
Kompetensi Dasar
3.5. Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5 menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang dan benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
2.
Indikator Pembelajaran
1.
Menyebutkan kata sifat yang terdapat dalam ungkapan meminta dan
memberi informasi terkait dengan sifat orang.
2.
Menunjukkan ungkapan
meminta dan memberi informasi terkait dengan sifat orang.
3.
Mengurutkan kalimat
acak dalam ungkapan meminta dan memberi informasi terkait dengan sifat orang
menjadi sebuah dialog.
4.
Menggunakan ungkapan
meminta dan memberi informasi terkait dengan sifat orang.
3.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan diberikan contoh
dialog mengandung ungkapan meminta dan memberi informasi, siswa dapat menyebutkan kata sifat dalam dialog
tersebut dengan intonasi dan pelafalan yang tepat dan berterima.
2.
Dengan diberikan contoh
dialog, siswa dapat menunjukkan ungkapan meminta dan memberi informasi terkait
dengan sifat orang.
3.
Dengan diberikan
kalimat acak, siswa dapat mengurutkan kalimat tersebut menjadi dialog yang
padu.
4.
Dengan diberikan
situasi melalui Cue card, siswa dapat
menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi terkait dengan sifat orang.
4.
Materi
Pembelajaran
(Add
some material from the real language use (native speakers)
How
to construct a situation for the dialog?
Contoh 1
Situation: Fadli is
Gina’s Friend. They are talking about Nadira in the classroom.
Fadli
: Hi!
Gina
: Hello, Fadli.
Fadli
: Gina, do you know Nadira Amalia?
Gina
: Yes, I do. She is my classmate.
Fadli
: Yesterday, I saw her in the library.
What do you think about her?
Gina
: She is a beautiful, diligent, and
kind girl.
Fadli
: I think so. By the way, where are you
going?
Gina : I’m going to go to the canteen.
Fadli :
Me too. Let’s go together
Contoh
2
Situation:
Rahma and Aji are going to borrow some books.
Rahma : Hi Aji, let’s go to the class D.
Aji : What are you going to do?
Rahma : I need to borrow some books from Dea. She is
my loyal friend.
Aji : I know about her. She is pretty and
smart.
Rahma : Yes of course, she is humble also.
Aji : Ah, I will borrow math book also from
Lani.
Rahma : Ok, let’s go.
Task
1
Listen carefully and find some
adjectives in the dialog. (Dialog 1)
Task
2
Listen
to the following expressions, underlined the expressions used for asking and
giving information
Situation:
Rian and Dewi are talking about their new English teacher.
Dewi : Hey Rian.
Rian :Hey. What’s going on?
Dewi : I heard that we have a new English teacher.
Have you met him?
Rian : Yes, I saw him in the teachers’ room
yesterday
Dewi : How is he?
Rian : He is a tall, friendly, and humble person.
Dewi : Oh, I really want to meet him in person.
Rian : We will see him in the class tomorrow. Anyway,
I have to go to the library now.
Dewi : Okay, See you.
Dewi : See you
Task 3
Arrange
the jumble sentences into the correct dialog.
1. Aji : Ah, I will borrow math book also from
Lani
2. Rahma : Hi Aji, let’s go to the class D.
3. Rahma : Ok, let’s go
4. Aji : I know about her. She is pretty and
smart
5. Rahma : I need to borrow some books from Dea. She is
my loyal friend.
6. Rahma : Yes of course, she is humble also.
7. Aji : What are you going to do?
ANSWER : 2 – 7 – 5 – 4 – 6 – 1 – 3
5.
Alat/Media
Pembelajaran
1. Dialog
“asking for and giving information”
2. Cue Card
3. White board
4. Marker
5. Laptop
6. Proyektor
6.
Metode
Pembelajaran
Scientific Approach
(observing, questioning, exploring,
associating, communicating)
7.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Aktivitas |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Pembukaan |
1. Guru
menyapa peserta didik 2. Guru
mengecek kehadiran peserta didik 3. Guru
dan peserta didik memainkan warming-up
game (snowball); menyebutkan
masing-masing kata sifat dalam bahasa Inggris 4. Guru
mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari; 5. Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai; 6. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan. |
10
menit |
Isi |
1.
MENGAMATI Peserta
didik diperdengarkan sebuah audio
berisi meminta dan member informasi terkait sifat seseorang 2.
MENANYAKAN Peserta
didik menanyakan kata-kata sulit yang ditemukan dalam dialog yang sudah
diperdengarkan 3.
MENGEKSPLORASI -
Peserta didik diminta
untuk menggarisbawahi ungkapan meminta dan memberi informasi terkait sifat
seseorang yang terdapat dalam dialog -
Peserta didik
diberikan umpan balik terhadap pekerjaan yang dilakukan sebelumnya 4.
MENGASOSIASI -
Secara berkelompok,
peserta didik menyusun kalimat acak menjadi dialog meminta dan memberi informasi
terkait sifat seseorang -
Peserta didik mendiskusikan
hasil pekerjaan sebelumnya dengan guru 7. MENGOMUNIKASIKAN -
Siswa menampilkan
sebuah dialog berdasarkan cue card
secara berpasangan di depan kelas |
60 menit 10
menit 10
menit 15
menit 15
menit 10
menit |
Penutup |
1. Peserta
didik menanyakan hal yang belum dipahami dari proses pembelajaran 2. Peserta
didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 3. Guru
memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk mempersiapkan materi
terkait pembelajaran selanjutnya. 4. Siswa
berdoa dan mengucapkan salam |
10
menit |
G.
SUMBER PEMBELAJARAN
Source: Buku Guru
Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VIII – When English Rings a Bell
H.
PENILAIAN
a) Teknik penilaian otentik
Pengetahuan :
penggunaan rubrik untuk mengukur ketercapaian
fungsi sosial, kelengkapan dan
keruntutan struktur teks, dan
ketepatan unsur kebahasaan yang tampak pada proses dan hasil belajar.
Keterampilan :
Unjuk kerja dalam bentuk tindakan komunikatif lisan dari teks prosedur
b) Instrumen penilaian untuk Pengetahuan
Penilaian
Teknik penilaian : Tes
Tertulis
Bentuk Instrumen : Mengidentifikasi struktur teks dan menyusun
kembali dialog
No. |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Contoh
Instrumen |
Skor |
1 |
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya. |
Tes |
Menyusun
kembali kalimat acak |
Arrange
these following sentences into a good dialog. |
10 |
|
TOTAL |
|
|
|
100 |
Pedoman Penilaian
1)
Pembobotan
2)
Skor maksimal : 100
3)
Nilai maksimal :
4)
Nilai siswa :
c). Rubrik Penilaian Keterampilan (Praktik/Kinerja)
No |
Aspek
yang Dinilai |
Kriteria |
Skor |
1 |
Pengucapan
(Pronunciation) |
Hampir sempurna |
9 |
|
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna |
8 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna |
7 |
|
|
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
6 |
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan
mengganggu makna |
5 |
2 |
Intonasi
(Intonation) |
Hampir sempurna |
9 |
|
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna |
8 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna |
7 |
|
|
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
6 |
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan
mengganggu makna |
5 |
3 |
Kelancaran
(Fluency) |
Hampir sempurna |
9 |
|
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna |
8 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna |
7 |
|
|
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
6 |
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan
mengganggu makna |
5 |
4 |
Ketelitian
(Accuracy) |
Hampir sempurna |
9 |
|
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna |
8 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna |
7 |
|
|
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
6 |
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan
mengganggu makna |
5 |
Final
Score= Pronunciation Score + Intonation Score + Fluency Score + Accuracy
Score
4
Mengetahui:
Bandung, ...........2018
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
( .......................................
) (......................................
) NIP: ....................................... NIP:
.............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar