RPP prosedur text


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                     : SMP NEGERI XX BANDUNG

Mata pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester         : IX/1

Topik                         : Teks Prosedur (How to make Chocolate Pudding?)

Alokasi Waktu          : 4 JP ( 2 Pertemuan)

a.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.4    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual.

 

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Mengidentifikasi paling sedikit lima kosakata dari teks prosedur.

2.      Menyusun langkah-langkah dalam teks prosedur.

3.      Menganalisis perbedaan teks prosedur resep dan manual.

 

 

b.      Tujuan Pembelajaran

1.      Diberikan contoh teks prosedur, siswa mampu mengidentifikasi paling sedikit lima kosa kata dari teks prosedur dengan tepat.

2.      Diberikan lembar kerja mandiri berupa kalimat acak, siswa mampu menyusun langkah-langkah dalam teks prosedur sesuai dengan urutan yang benar.

3.      Diberikan dua buah teks prosedur yang berbeda, siswa secara berkelompok mampu menganalisis perbedaan teks prosedur resep dan manual dengan tepat.

 

 

 

c.       Materi Pembelajaran

 

TEKS PROSEDUR

1) Resep

How to Make Chocolate Pudding

Ingredients

·       2 cups of milk

·       1 oz. Corn starch

·       2 oz. butter

·       4 oz. sugar

·       1/2 teaspoon chocolate

 

Steps:

·         First, mix 1/2 cup of milk with the corn starch in a bowl and set aside.

·         Put the remaining milk, sugar, chocolate, and butter in a pot.

·         Then, boil the mixture for 10 minutes.

·         Add about 1/4 cup of the warm mixture into the bowl with the corn starch and milk to temper it.

·         Next, stir constantly until thick and starts to boil.

·         Pour into a bowl, let cool off, cover and refrigerate for about 3 hours.

·         Finally, your pudding is ready to serve.


 

2) Manual

How to operate a fan


 

 

 

1.      Plug the power cord into a wall outlet. (AC 220 Volts 60 HZ)

2.      To make the fan move sideways, push the pin on top of the motor.

3.      To move the fan up or down, first pull up the oscillating pin, then press the tilt adjustment knob.

4.      To change the speed of the fan, press one of the switches at the bottom.

 

d.    Metode Pembelajaran

Scientific Aproach: 5M (Mengamati,  Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi, dan Mengomunikasikan)

 

 

 

e.     Media/alat dan Bahan

 

Media/Alat :Laptop, LCD, gambar

Teks: autentik atau mendekati autentik teks prosedur resep dan manual

 

 

f.     Sumber Belajar

-           

 

 

g.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

1.  Pertemuan Pertama: (2JP)

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Siswa, dengan bimbingan guru:

·         mengucapkan salam dan tegur sapa

·         menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif

·         bertanya jawab tentang makanan  kesukaan (cara memasaknya)

·         menyebutkan tujuan pembelajaran

·         menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’

Kegiatan Inti

**)

Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:

·         menyimak guru menyampaikan cara membuat puding cokelat.

·         bertanya jawab mengenai kosa kata yang ditemukan dalam penjelasan guru.

·         menyimak dan menirukan guru menyebutkan kosa kata dalam teks prosedur dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.

·         menyusun langkah-langkah membuat puding cokelat dengan urutan yang tepat.

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara lisan dan tulis.

60’

Kegiatan

Penutup

Siswa, dengan bimbingan guru:

·         mendapatkan umpan balik terhadap proses pembelajaran

·         membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

·         menyimpulkan proses dan hasil pembelajaran

·         menyebutkan tugas rumah, mencari contoh teks prosedur berbentuk manual

·         menyebutkan kegiatan dan topik rencana  pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10’

 

2.   Pertemuan kedua: (2 JP)

 

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Siswa, dengan bimbingan guru:

·         mengucapkan salam dan tegur sapa

·         menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif

·         bertanya jawab tentang tugas rumah yang diberikan

·         mereview pembelajaran yang lalu

·         menyebutkan tujuan pembelajaran

·         menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’

Kegiatan Inti

**)

Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:

·         dalam kelompok terdiri dari 4 orang,siswa masing-masing membacakan teks prosedur berbentuk manual yang telah dikerjakan sebagai tugas rumah dengan memperhatikan intonasi, ucapan dan tekanan kata.

·         mendiskusikan perbedaan antara teks prosedur berbentuk resep dan manual

·         mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok (misal: dengan dipampang di dinding)

·         memberi masukan terhadap hasil presentasi kelompok lain

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara lisan dan tulis.

60’

Kegiatan

Penutup

Siswa, dengan bimbingan guru:

·         mendapatkan umpan balik terhadap proses pembelajaran

·         membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

·         menyimpulkan proses dan hasil pembelajaran

·         menyebutkan tugas rumah untuk materi selanjutnya

·         menyebutkan kegiatan dan topik rencana  pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10’

 

h.Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik penilaian otentik

Sikap                 :  Observasi

Pengetahuan     : Penggunaan rubrik untuk mengukur ketercapaian fungsi sosial, kelengkapan dan keruntutan struktur teks, dan ketepatan unsur kebahasaan yang tampak pada proses dan hasil belajar.

Keterampilan    :  Unjuk kerja dalam bentuk tindakan komunikatif lisan dan karya tertulis.


 

2.      Instrumen penilaian untuk tes tertulis

 

Kisi-Kisi dan Soal

 

No

Indikator

Soal

Bentuk

1.

·      Menuliskan kosa kata mengenai teks prosedur

·      Menentukan urutan langkah-langkah teks prosedur

1.    Arrange these following sentences into a good procedure text!

2.    Mention five verbs from the following procedure text!

3.    What is the purpose of procedure text below?

4.    What does “it” refers to in “Don't forget to decide how long it will heat the food”?

How to cook with a microwave oven?  Here are the steps:

·           Wash your hands. Remember to be clean before cooking

·           Then connect to the electrical supply

·           After that, put the food into the microwave

·           Don't forget to decide how long it will heat the food

·           Press the button to start heating the food

·           Wait for the beep sound. It indicates the cooking process is done

·           Finally, take out the food and enjoy it

·           Don't forget to wash hands after cleaning the working area.

1. isian

 

 

3.      Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran

a)        Rubrik Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis

ASPEK

KRITERIA

SKOR

Jumlah

Soal

Skor

Perolehan

Isi

Sangat sesuai

3

...

 

 

Sesuai

2

 

 

 

Kurang sesuai

1

 

 

Struktur teks

Benar dan Tepat

3

...

 

 

Benar tapi kurang tepat

2

 

 

 

Kurang tepat

1

 

 

b)        Rubrik Penilaian Keterampilan (Unjuk  Kerja/Proyek)

 

 

KRITERIA

KURANG (45-60)

CUKUP (61-75)

BAIK (76-88)

SANGAT BAIK (89 – 100)

Bertanya-jawab

Kalimat kurang bisa dipahami

Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat

Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang yang sederhana

Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar

Monolog

/Presentasi

Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar

Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar

Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi

Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai

Menulis Teks

Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai

Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat

Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat

Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

 

 

Mengetahui:                                                                Bandung, .......................2018

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

( ....................................... )                                         (...................................... ) NIP: .......................................                                            NIP: ..................................

 

Tidak ada komentar: