Diagnosis Penggerak Perubahan Pendidikan


 Pelajari setiap pernyataan. Nilailah kesesuaian pernyataan tersebut dengan praktik dan kebiasaan Anda. Pilih 1 dari 4 pilihan jawaban berikut ini

A : Ibu/Bapak konsisten melakukan praktik sesuai pernyataan

B : Ibu/Bapak sering melakukan praktik sesuai pernyataan

C: Ibu/Bapak pernah melakukan praktik sesuai pernyataan

D: Ibu/Bapak tidak pernah melakukan praktik sesuai pernyataan

Sudah melakukan Diagnosis Penggerak Perubahan Pendidikan? Mari kita lakukan 

Tentukan pilihan jawaban A, B, C atau D. Pastikan memilih sesuai dengan kondisi yang Ibu/Bapak alami

DimensiPernyataanJawaban
Merdeka BelajarKetika mengajar, saya memahami hobi, cara belajar dan latar belakang murid
Merdeka BelajarSaya mengajak murid berdiskusi mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Merdeka BelajarSaya menyediakan pilihan cara belajar kepada murid agar mereka mandiri belajar
Merdeka BelajarSaya melakukan asesmen formatif untuk membantu murid mengetahui kemajuan belajarnya
Merdeka BelajarSaya memberi kesempatan kepada murid melakukan refleksi terhadap capaian belajarnya
Bekerjasama dalam KomunitasSaya merasa nyaman sering berinteraksi dengan guru/pemimpin sekolah yang lain  
Bekerjasama dalam KomunitasSaya menyediakan waktu khusus untuk terlibat dalam kegiatan komunitas guru/pemimpin sekolah
Bekerjasama dalam KomunitasSaya senang membicarakan kesulitan saya kepada komunitas guru/pemimpin sekolah
Bekerjasama dalam KomunitasSaya senang mempelajari praktik baik yang dilakukan oleh guru/pemimpin sekolah yang lain
Bekerjasama dalam KomunitasSaya merasa pendapat saya didengarkan sejumlah anggota komunitas guru/pemimpin sekolah
Inovatif Menggerakkan PerubahanSaya melakukan yang terbaik untuk murid meskipun dipandang aneh oleh orang lain 
Inovatif Menggerakkan PerubahanSaya mencoba cara baru pembelajaran yang meski belum terbukti tapi lebih mungkin berdampak positif  
Inovatif Menggerakkan PerubahanSaya menceritakan pengalaman melakukan  perubahan di kelas/sekolah ke teman dekat 
Inovatif Menggerakkan PerubahanSaya menceritakan perbedaan cara lama dengan cara baru agar orang tertarik mencoba cara baru
Inovatif Menggerakkan PerubahanSaya bisa mengenali teman yang berpotensi berani melakukan perubahan di kelas/sekolahnya 

Ibu/Bapak sudah melakukan Diagnosis Penggerak Perubahan Pendidikan. Mungkin ada dari Ibu/Bapak yang bingung, tapi semoga tetap bisa melengkapinya. Setelah ini, mari kita pelajari apa arti skor yang Ibu/Bapak dapatkan

Tidak ada komentar: