RELATIVE CLAUSE


Klausa relatif atau relative clause adalah bagian kalimat yang tidak terlalu penting. Klausa relatif dapat memberikan makna tambahan. Tetapi jika dihilangkan, kalimat akan tetap memiliki tata bahasa yang benar. Ada dua jenis klausa relatif dalam bahasa Inggris. Kita sebaiknya dapat membedakan keduanya karena memengaruhi pemilihan kata ganti (pronoun) yang digunakan untuk memperkenalkan klausa. Ada halaman yang lebih detail mengenai penempatan preposisi dalam klausa relatif.

DEFINING CLAUSE

Defining atau identifying clause menjelaskan orang atau benda manakah yang kita bicarakan dalam sekelompok orang atau benda yang lebih besar. Jika defining clause dihilangkan, arti dari kalimat berubah secara signifikan. Defining relative clause tidak dipisahkan oleh koma atau tanda kurung dari bagian kalimat lainnya.
CONTOH
  • The woman who visited me in the hospital was very kind.
  • The umbrella that I bought last week is already broken.
  • The man who stole my backpack has been arrested.
  • The weather that we had this summer was beautiful.
Pelajari selengkapnya mengenai cara menggunakan defining relative clause dengan benar.

NON-DEFINING CLAUSE

Non-defining atau non-essential clause memberikan informasi tentang orang atau benda yang kita bicarakan. Jika non-defining relative clause dihilangkan dari kalimat, kita akan kehilangan detailnya, tetapi arti kalimat secara keseluruhan tetap sama. Non-defining relative clause selalu dipisahkan oleh koma atau tanda kurung dari bagian kalimat lainnya.
CONTOH
  • The farmer, whose name was Fred, sold us 10 pounds of potatoes.
  • Elephants, which are the largest land mammals, live in herds of 10 or more adults.
  • The author, who graduated from the same university I did, gave a wonderful presentation.
  • My mother, who is 86, lives in Paris.


Kadangkala di soal kempetesi bahasa Inggris seperti tes Toefl atau tes masuk perguruan tinggi, seperti SIMAK UI, UTUL dan ACEPT UGM, UM Undip, atau SBMPTN terdapat soal relative clauseadjective clause yang menggunakan kata hubung which. Mungkin sebagian dari sahabat telah mengetahui bahwa which digunakan untuk menjelaskan benda, bukan orang, contohnya:
She gives me a book which is very expensive.
I didn't like the movie which we watched last night.
Pertanyaan muncul adalah kadangkala kita juga menemukan jawaban menggunakan in whichof which, for which, dan bentuk lainnya. Misalnya soal ini:
The death of his son was an experience ....... he never fully recovered.
  1. Which
  2. In which
  3. For which
  4. From which
Manakah jawaban yang tepat dari soal di atas? Cobalah sahabat jawab soal di atas, lalu temukan jawabanya di akhir artikel ini.
Sebenarnya preposisi di depan which adalah preposisi kata kerja yang terdapat pada anak kalimat. Preposisi tersebut berhubungan dengan kata kerja yang bersangkutan dengan objek yang diikuti. Oleh karena itu, sahabat harus tahu betul penggunaan preposisi seperti in, at, of, for , dan yang lainnya. Atau beberapa hal preposisi tersebut sudah menjadi pasangan tetap dari suatu kata kerja. Cara terbaik untuk mengetahui preposisi yang tepat dari contoh soal di atas adalah membuat kalimat tanpa kata hubung. Perhatikan contohnya di bawah ini:
The party ........ he spoke was noisy.
A party is held at a place.
Maka jawabanya adalah at which: The party at which he spoke was noisy.
Perhatikan contoh lainnya:
I love Batur lake ......... the village takes its name
Batur lake takes from its name
Jadi jawabanya adalah from which: I love Batur lake from which the village takes its name
Jadi sebenarnya adanya preposisi in, at, from, of, dan lainnya disesuaikan dengan kata kerja yang bersangkutan dengan objek yang diikuti. Di sini, kemampuan sahabat dalam mengartikan kalimat sangat penting.
Pada beberapa kasus, preposisi kadangkala terletak di akhir kalimat saat digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Kita bisa menggunakannya dengan pola preposisi + which dalam situasiyang lebih formal. Perhatikan contoh yang diberikan oleh Cambridge berikut ini:
There are several small ponds which a variety of fish live in.
There are several small ponds in which a variety of fish live.
Maka jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas The death of his son was an experience ....... he never fully recovered. adalah from which. Bentuk lainnya adalah: The death of his son was an experience which he never fully recovered from.

Tidak ada komentar: