Menghilangkan keraguan


Percaya atau enggak, rasa ragu dalam diri itu bisa jadi musuh terbesar. Keraguan itu jahat loh, bisa membuatmu jauh dari peluang yang mungkin bisa kamu menangkan, yang membuatmu jadi lebih baik. Rasa ragu bisa membuatmu enggan melangkah bahkan hilang percaya diri.

Wah, terus gimana cara mengatasinya, yah? Coba deh 5 langkah berikut ini: 

 Hentikan di kamu 

Saat rasa ragu itu datang dalam pikiranmu, kamu harus berani bilang “stop!” pada dirimu dan memulai langkah pertamamu. Kalau dibiarin, yang ada nanti kamu jadi makin mager buat mulai.

 Belajar dari masa lalu 

Masa lalu yang kurang baik itu bukan berarti selamanya buruk, kamu bisa belajar dari sana untuk kemudian memotivasi kamu untuk melakukan yang lebih baik lagi.

 Coba obrolin dengan orang terpercaya 

Okey, mungkin kamu menemukan satu titik yang membingungkan dalam memutuskan langkahmu. Nggak apa-apa, kamu bisa berdiskusi dengan teman yang kamu percaya, untuk dapatkan sudut pandang baru.

 

 Jangan mau dibandingin 

Kamu ya kamu, mereka ya mereka, setiap dari kita berbeda dan punya perjalanan masing-masing, lho! Jangan terjebak kesuksesan atau kegagalan orang lain. Ingat, langkahnya mungkin sama, tapi hasilnya bisa beda, kan?

 

 Buat jurnal kamu sendiri 

Mencatat setiap langkah yang kamu mulai bisa jadi cara ampuh untuk mengukur seberapa berhasilnya dirimu. Dengan membuat jurnalmu sendiri, kamu juga bisa mengevaluasi setiap keputusanmu, dan memutuskan langkah apa yang harus dibuat selanjutnya.

Tidak ada komentar: